Info@tamankurmanusantara.com

Keunggulan Bibit Kurma Kultur Jaringan

Bibit tanaman buah kurma dari hasil perbanyakan biji memang memiliki harga yang relatif lebih murah, akan tetapi, bibit hasil perbanyakan generatif ini memiliki kendala dimana proses penentuan jenis kelamin pada bibit kurma ini harus menunggu hingga bibit tersebut tumbuh besar dan berbunga. Sehingga untuk membeli bibit kurma dari biji memang harus berani berspekulasi. Dan apabila bibit kurma hasil perbanyakan generatif ini digunakan untuk budidaya skala besar tentunya akan menjadi kendala yang sangat berarti.

Solusi dari masalah tersebut adalah mendapatkan bibit kurma dari anakan kurma. Pohon kurma betina akan beranak dari usia 7 tahun samapi 10 tahun, sedangkan pohon jantan tidak. Anakan tersebut berjenis kelamin betina. Namun untuk mendapatkan bibit dari anakan harus menunggu pohon kurma mengeluarkan anak sendiri, itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Solusi paling cepat adalah dengan sistem kultur jaringan atau Tissue Culture.

Bibit kurma dari hasil kultur jaringanmerupakan solusi paling cepat dan tepat dalam menentukan jenis kelamin tanaman buah kurma sejak dini. sehingga kita tidak perlu membuang banyak tenaga, waktu dan biaya. Sekarang ini telah banyak kita jumpai jenis-jenis bibit kurma hasil kultur jaringan yang telah beredar di pasaran Indonesia
Berikut ini beberapa keunggulan bibit kurma kultur Jaringan Varietas Barhee :

1. Terbukti Mampu Berbuah di Daerah Tropis
bibit kurma barhee merupakan salah satu bibit kurma hasil kultur jaringan yang sudah terbukti mampu tumbuh dan berbuah di lahan yang memiliki iklim tropis. faktanya Negara thailand telah berhasil membuahkan kurma barhee ini. kesuksesan ini membuat Indonesia menajdi tempat yang juga sangat cocok dalam menanam kurma karena sama sama berada di iklim tropis.

2. Memiliki Rasa Yang Lebih Manis
bibit kurma barhee merupakan salah satu kurma tropis, sehingga tak heran jika buah kurma barhee ini mempunyai rasa manis diantara yang lain, hal ini dikarenakan pohon kurma barhee ini mendapatkan semua unsur yang dibutuhkan pohon kurma setiap tahun, lain halnya dengan kurma timur tengah yang kekurangan air.

3. Bersifat Genjah atau Cepat Berbuah
Bibit kurma barhee merupakan bibit kurma unggulan yang berasal dari hasil kultur jaringan, Salah satu kelebihan bibit kurma barhee ini adalah memiliki sifat yang genjah, pohon kurma barhee dapat mulai berbunga pada umur 4 tahun, berbeda dengan hasil perbanyakan generatif (biji) membuuhkan waktu sekitar 7–8 tahun untuk berbuah.

4. Bibit Sudah Berumur 8 Bulan
Bibit kurma barhee hasil kultur jaringan rata-rata umurnya sudah berumur 8 bulan atau bahkan lebih, sehingga menghemat cukup banyak waktu agar cepat sampai masa berbuah pertama.

5. Dapat Dipanen Pada Fase Khalal
Kurma barhee bisa dipanen pada fase muda sehingga nilai ekonomis lebih tinggi
karena kurma barhee merupakan kurma tropis, maka rasa manis sudah muncul pada fase kurma muda sehingga sudah bisa dipanen pada masa khalal menjelang ruthob. Dan juga, kurma ruthob memiliki harga jual yang lebih tinggi dari tamr

6. Sudah Dapat Dipastikan Jenis Kelamin
salah satu keunggulan Bibit Kurma barhee hasil kultur yakni sudah dapat dipastikan jenis kelaminnnya sejak dini. jenis kurma yang mampu menghasilkan buah adalah yang berjenis kelamin betina. sehingga jauh lebih efisien tanpa harus menunggu bibit berbuah terlebih dahulu untuk menentukan jenis kelaminnya.

7. Memiliki Kualitas Yang Seragam
karena ini merupakan hasil kultur jaringan, maka 100% hasil kultur jaringan akan sama dengan induknya. sehingga terjadi keseragaman kualitas, bentuk, warna, maupun rasa. sehingga sangat cocok untuk budidaya skala besar atau industri.